Home >> Info >> Dilema Ketika Akan Menikah

Dilema Ketika Akan Menikah

dilema-pernikahanBerikut ini sedikit cerita tentang anak muda (si Badrun) yang galau hendak menikah namun masih banyak terbayang-bayang masalah yang akan di hadapinya. Akhirnya sang petuah bijak (P. Midun) pun menasehati dengan penuh kesabaran dan gambaran hidup yang akan di hadapi anak muda itu ketika sudah menikah nanti.

BADRUN: “Saya mau nikah pak… tapi belum ada modal?”
P. MIDUN: “Nikah aja…kok pake nunggu ngumpulin modal, emang mau buka toko!.  “Nikah kok nunggu mapan, nunggu kaya, nunggu sejahtera…. Kebalik tuuh.  Ayoo segera nikah, biar segera dimapankan, dikayakan, disejahterakan oleh Alloh”

BADRUN: “Tapi saya masih belum lulus kuliah pak?”.
P. MIDUN: “..Emang sejak kapan rukun nikah pake ijasah.?!.

BADRUN: “Tapi saya belum punya kerjaan tetap pak?”.
P. MIDUN: “Kebanyakan TAPI-nya kamu itu..! .Nggak penting punya pekerjaan tetap, yg penting tetap punya penghasilan..!!

BADRUN: “Ada yg bilang..Nikah muda itu bahaya lho pak, psikis pasangan muda kan labil?”.
P. MIDUN: “..Mangkanya buruan nikah, biar segera stabil..!!

BADRUN: “Apa sih pak perbedaan besar antara pacaran dg nikah?”
P.MIDUN: “Pacaran itu pasti rawan maksiat. Tapi kalo Nikah…rawan rohmat..!

BADRUN: “..Calon saya udah sayang banget ma saya pak”.
P.MIDUN: “Katakan pada calonmu itu, “Aku akan Buktikan cinta sejati ku dengani “qobiltu..!!!”

BADRUN: “Pak, saya nunda nikah karena belum siap dari segi finansial?”.
P.MIDUN: “Lhooo.., kenapa nikahnya yg ditunda, kenapa nggak finansialnya aja yg dipercepat.?!

BADRUN: “Padahal rencana saya nikah umur 30-an gitu pak”
P.MIDUN: “Coba deh diitung2, umpama cowok nikah usia 30. Anaknya lulus kuliah udah berapa   tuh usia sang bapak?. Yup, lebih dari 50 taun khan.?. Kalo nikahnya umur 20. Usia40-an sudah bisa gendong cucu tuh 🙂

P.MIDUN: “Saya nganter istri dulu ya…ini berpahala, lho. Kalo sama pacar? Jawab sendiri dah..!

 

Setelah P. MIDUN pulang dari nganter istrinya…wawancara berlanjut

 

BADRUN: “Pak…saya sering liat.. ada orang dewasa yg nggak nikah2?”
P.MIDUN: “Lelaki dewasa yg belum juga berani nikah..kemungkinannya hanya ada 2: terlalu banyak maksiat, atau kejantanannya perlu dipertanyakan.

BADRUN: “Pak, saya pingin membahagiakan ortu dulu. Masa’ baru lulus, baru kerja, langsung minta nikah?”.
P.MIDUN: “Heh, bukankah lebih keren kalo kita membahagiakan ortu, istri, juga mertua sekaligus?.

BADRUN: “Saya mau fokus di karir dulu pak”.
P. MIDUN: “Astaghfirulloh, masih nggak percaya juga dengan firman Alloh?. Nikah itu ngundang rezeki, baca deh QS An Nuur ayat 32. Udahlah, pokoknya orang keren adalah orang yg nggak suka cari2 alasan..!!

BADRUN: “Pak, modal nikah itu berapa sih?”
P.MIDUN: “Yaa..seringan mungkin. Sesederhana mungkin… Muslimah mulia adalah yg ringan maharnya. Resepsi sesederhana mungkin. Undangan, sehemat mungkin. Jangan boroskan duit buat resepsi.

BADRUN: “Pak, adakah penelitian yg membuktikan nikah itu bikin kaya?”
P.MIDUN: “Ooo..Buanyak. Lihat P Wahyudi…P Suharto..!  Mangkanya sempetin nderes ngaji, nggak baca status facebook doank 🙂

BADRUN: “Kenapa ya… ada yg usai nikah tapi ekonominya malah kesulitan?”
P.MIDUN: “Yg usai nikah dan lebih bahagia…Buanyaak lho. Jadi yg salah bukan nikahnya, tapi   faktor orangnya.  Dasar kamu..kenapa yg jeleeek dijadikan contoh, lihat tuuh mas Ali, mas Aan, pak Yos…setelah menikah rejekinya di gerojok Alloh 🙂

BADRUN: “Kalo belum ketemu jodoh gimana, pak?”
P.MIDUN: “Jodoh itu, sebagamana rezeki. Rezeki memang ditangan Alloh, tapi kalo nggak  dijemput ya bakal ditangan Alloh teruuus.  Perhatikan tuuh burung-burung keluar sarangnya  cari makan…siapa yg beri dia makan?..Alloh..!!

BADRUN: “Lha cara jemput jodoh itu gimana pak?”
P. MIDUN: “Masya..Alloooh…Gitu aja masih ditanyain? Ckckckck.. katanya udah gedhe, Kalo  udah ada yg disenengin…lapor tim PKW…biar dilancarin.

BADRUN: “Kenapa sih pak… dari kemaren ngomporin nikah mulu?”
P.MIDUN: “Karena saya pingin anak2 muda sebahagia kami, hehe. Kalian itu ya.. “Boro2 nikah, kuliah aja nggak lulus2. Boro2 nikah, kerja aja nggak dapet2. Boro2 nikah, usaha aja nggak jalan2. Boro2 nikah, ortu aja belum ngizinin. Boro2 nikah, jodoh aja nggak dapet2”. Ini nih pikiran anak muda yg pesimis. Asal tahu saja nih ya, di luar sana ada banyak banget yg nikah tapi kuliahnya makin lancar, yg nikah dan karirnya makin cepat, yg nikah dan usahanya makin melejit, yg masih muda tapi dapat jodoh yg hebat, yg masih muda tapi udah diizinin ortunya nikah.. Kira2 apa yg bedain kalian dg mereka?.

P.MIDUN: “Beneeer, mereka kreatif cari solusi, bukan cuma kreatif cari alesan :). “Mereka semangat cari jalan keluar, bukan cuma bisa ngeluh sambil fb-an 🙂

P. MIDUN: “Daripada pingiin, buruan berbenah, dan segera nikah 🙂

P.MIDUN: “Nikah ituuuu, menenangkan lhoo. Juga menyenangkan. Beneran.!  Apalagi nikah muda, beuuh, serasa kayak pacaran. Tapi ini pacarannya keren, pacaran setelah pernikahan 🙂

Daripada protes terus dan tersinggung, panas-dingin, mending berbenah, mending berubah, mending berusaha dan berdoa, semoga bisa tergapai cita-citanya…. nikah walo masih muda..Amiin!

Other articles you might like;

Check Also

MUSDA IX MUI JATIM 2015-2020

Abdusshomad Buchori Pimpin Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Timur Masa Khidmat 2015-2020

Musyarawah Daerah (Musda) ke IX Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur akhirnya bersepakat memilih kembali …

2 comments

  1. assalamualaikum
    bagaimana dalam islam bahwa pasangan yang pernah berzina dan sudah taubat lalu mreka menikah?
    alhamdulillah jazakumullohu khoiro

    • walaikumsalam, hukum org berzina tdk boleh di nikahkan. karena taubat org berzina blm bs di jalankan spt hukum quran hadist krn di indonesia negara hukum kecuali di negara islam. yg mgk di tnykan, apakah org yg berzina tsb bisa melaksanakan taubat nasuha dan menjalankan kafaroh sebagaimana yg ada dalam hukum quran hadist ? detail bisa di tanyakan ke ulama’ setempat untuk lebih jelasnya. Amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *