Home >> Berita LDII Surabaya >> LDII Meresmikan BMT Syariah di Surabaya

LDII Meresmikan BMT Syariah di Surabaya

Kamis, (4/9/2014), Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) kota Surabaya meresmikan  Kantor Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Rukun Abadi cabang Surabaya bertempat di jalan Tanah Merah Utara No. 138 Surabaya. Peresmian Kantor BMT Rukun Abadi yang berbasis syariah ditandai dengan pemotongan pita secara simbolis oleh Dewan Penasehat LDII KH. Abdul Syukur didampingi ketua DPD LDII kota Surabaya Drs. H. Amien Adhy serta pengurus BMT Rukun Abadi.

BMT Rukun Abadi berkomitmen setia melayani dan menyelamatkan ummat dari riba. Masih banyak kita jumpai perbankan, asuransi, koperasi berlabel syariah namun dalam praktiknya belum murni syariah masih menerapkan riba dalam bentuk bunga. Dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga dijelaskan bahwa bunga bank haram hukumnya maka semua praktik bisnis yang menggunakan instrument bunga menjadi haram.

“Untuk memurnikan syariah mulai dari akad, proses operasional, sampai sistem pengelolaan di komputer harus betul-betul syariah. semua proses dikelola secara syariah. Akadnya benar, operasionalnya benar, namun sistem pengelolaan di komputer masih mencari keuntungan dalam bentuk bunga sehingga syariah belum bisa dikatakan sempurna,” papar ketua tim auditor BMT Rukun Abadi Pusat, H. Raslan.

bmt-ldii

Selain menyelamatkan ummat dari riba, BMT Rukun Abadi didukung sistem online untuk mempermudah anggotanya. Sehingga tidak ada lagi proses yang tertunda maupun tertinggal. Semua itu untuk meminimalisir human error.

H. Raslan menjelaskan bahwa pemilik BMT Rukun Abadi betul-betul terbuka dan transparant. Pemilik maupun anggota memiliki status yang sama yakni mempunyai hak dan kewajiban sehingga timbul rasa memiliki. Hal ini yang membedakan BMT Rukun Abadi dengan yang lain. BMT yang lain dalam kepemilikannya terbatas, karena dimiliki oleh pendiri sehingga orang lain tidak boleh masuk, kenapa? Nanti bisa mengurangi keuntungannya. Anggota hanya diperbolehkan yang bersifat pinjaman.

Basic BMT Rukun Abadi tetap dalam koridor agama berbeda dengan BMT pada umumnya adalah basicnya bisnis. Kalau berbicara bisnis maka ujungnya nanti mencari keuntungan. Visi misi kami (BMT Rukun Abadi) adalah penyelamatan ummat dari riba dan melepaskan dari jeratan para rentenir,” lanjut H. Raslan.

KH. Abdul Syukur juga menjelaskan bahwa masalah uang adalah terkadang lebih berat dari pada nyawa. Harta benda ini bisa mempengaruhi pikiran dan perilaku seseorang. Menjaga dan mengelola keuangan adalah sebuah amanat dan menjadi sebuah tantangan karena banyak sekali cobaan dan tantangannya. Oleh karena itu untuk menjadi pengurus BMT Rukun Abadi tidak boleh asal-asalan dalam merekrutmen harus berstandart professional dan religius.

BMT Rukun Abadi yang berkantor pusat di Tangerang Selatan sekarang mempunyai cabang di berbagai kota diantaranya di kota lampung, jombang, Jakarta, kertosono dan Surabaya.

Other articles you might like;

Check Also

Gebyar Kemerdekaan, Puncak Peringatan HUT RI ke-72 di Tanah Merah

Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, warga RW IX Tanah Merah, Kelurahan …

One comment

  1. Assalamualaikum. Untuk bmt cabang madiun sudah ada atau belum?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *