Home >> Berita LDII Surabaya >> Pengajian Akhir Tahun LDII Tanamkan Karakter 6 Tabiat Luhur
Pengajian akhir tahun PC LDII Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya, Sabtu (31/12/2016).
Pengajian akhir tahun PC LDII Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya, Sabtu (31/12/2016).

Pengajian Akhir Tahun LDII Tanamkan Karakter 6 Tabiat Luhur

Malam pergantian tahun pada umumnya dimanfaatkan oleh generasi muda dengan berpesta dan hura-hura. Bahkan hampir di berbagai pelosok daerah, keriuhan kembang api dan petasan seolah menjadi budaya untuk merayakan malam pergantian tahun tersebut.

Kemeriahan malam tahun baru juga sering dijadikan momen untuk mengerjakan amalan-amalan yang tidak sesuai dengan kaidah dan norma-norma agama. Seperti pesta minuman keras hingga pergaulan bebas antara laki-laki dan perempuan. Terlebih bagi muda-mudi yang masih sarat dengan kebebasan dan hasrat untuk mencoba hal-hal baru.

Untuk menangkal kegiatan tersebut, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) secara rutin menggelar pengajian akhir tahun di seluruh penjuru tanah air. Salah satunya seperti yang dilakukan PC LDII Kecamatan Gunung Anyar yang menggelar pengajian akhir tahun di Masjid Nurul Hikmah, Surabaya, Sabtu (31/12).

Pengajian ini dimulai dengan melaksanakan shalat maghrib berjamaah, dilanjutkan mendengarkan tauziah agama hingga menjelang shalat isya. Selanjutnya dilakukan pengkajian tentang enam tabiat luhur yang disampaikan oleh ustadz Abdillah bin Ahmad.

Abdillah mengingatkan agar generasi muda di tahun 2017 meningkatkan amalan dan selalu khusuk dalam beribadah. “Sebagai Generasi penerus kita jangan mudah mengikuti hawa nafsu dan jangan terpengaruh dengan kehidupan dunia,” pesan Abdillah.

Abdillah menambahkan, dalam menghadapi akhir zaman generasi penerus harus senantiasa menanamkan karakter enam tabiat luhur, agar tidak mudah terpengaruh. Enam tabiat luhur yang dimaksut adalah rukun, kompak, kerja sama yang baik, jujur, amanah, serta mujhid muzhid (kerja keras dan hemat).

Dengan memahami enam tabiat luhur, lanjut Abdullah, maka generasi penerus bisa bersaing menjadi generasi unggulan. “Generasi penerus agar bisa mencapai tri sukses generus yaitu alim-faqih, berakhlaqul karimah, dan mandiri,” tambah Abdillah.

Tepat pukul 22.30, acara pengajian yang semula diadakan di dalam masjid, dialihkan ke halaman untuk menampilkan kreativitas remaja PC LDII Kecamatan Gunung Anyar diantaranya pencak silat Persinas Asad, stand up komedi, kuis TTS, hingga pemutaran film karya remaja PAC LDII Kelurahan Berbek.

Jelang akhir acara, pada pukul 02.30 diadakan bangun malam. Peserta melaksanakan shalat tahajud dan doa malam. (Elang Wicakso)

Other articles you might like;

Check Also

Gebyar Kemerdekaan, Puncak Peringatan HUT RI ke-72 di Tanah Merah

Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, warga RW IX Tanah Merah, Kelurahan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *