Home >> Berita LDII Surabaya >> Pramuka untuk Kembalikan Karakter Bangsa
Sakocab SPN Khoirul Huda Nginden

Pramuka untuk Kembalikan Karakter Bangsa

Pramuka bisa menjadi wahana untuk mengembalikan karakter bangsa khususnya generasi muda sesuai penerapan Dasa Dharma Pramuka. Ini dikemukakan oleh Wakil Ketua Sakocab SPN Nginden Imam Pujiarto, saat Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), 26-27 November 2016 di Masjid Khoirul Huda Nginden.

“Selama ini kita telah kehilangan karakter bangsa Indonesia yang sesungguhnya. Jadi ini merupakan semangat baru untuk generasi muda LDII karena dengan adanya acara ini mereka bisa menemukan suatu komunitas positif yang bisa membentuk watak, mengembangkan potensi diri dan melatih jiwa nasionalis yang profesional religius,” kata Imam.

Persami ini diikuti 210 peserta. Mulai dari pelajar, santri, mahasiswa dari tahapan penegak dan pandega. Adapun tema yang acara adalah “Mencetak Generasi Profesional Religius Berjiwa Nasionalis dan Anti Narkoba”. Melalui tema ini LDII berharap generasi mudanya tumbuh dalam lingkungan yang religius yang tetap berpegang teguh pada Alquran dan Hadist. Selain itu generasi penerus LDII mampu melaksanakan Dasa Dharma Pramuka tanpa mendekat pada narkoba.

Majelis Pembimbing Sakocab SPN Surabaya Akhmad Setiadi, mengungkapkan, acara ini bertujuan untuk mendukung Sakocab SPN Surabaya. “Di dalamnya banyak hal yang bisa kita lakukan untuk pencapaian dan penerapan Dasa Dharma Pramuka secara bersama,” kata Setiadi.

Di hari pertama persami, tepat pada pukul 22.00 dilakukan deklarasi untuk melakukan gerakan masif penanggulangan narkoba. Persami ini merupakan rangkaian dari Perkemahan Akbar Kwartir Cabang Pramuka Surabaya yang dipusatkan di SMKN 5 Surabaya. Perkemahan Akbar itu meraih rekor MURI karena diikuti lebih dari sejuta peserta.

Selain di Nginden, LDII Kota Surabaya melaksanakan persami di Gunung Anyar, Gayungan, Sememi, dan Tanah Merah. Kesemuanya merupakan Sakocab SPN berbasis masjid yang beranggotakan siswa-siswi pondok.

Other articles you might like;

Check Also

Gebyar Kemerdekaan, Puncak Peringatan HUT RI ke-72 di Tanah Merah

Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, warga RW IX Tanah Merah, Kelurahan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *