Home >> Berita Umum LDII >> Acara Silaturokhim LDII Dengan Tokoh Islam Dan Lintas Agama

Acara Silaturokhim LDII Dengan Tokoh Islam Dan Lintas Agama

halal-bi-halal-ldii-fkubSabtu, 24 Agustus 2013 DPP LDII menyelenggarakan acara Silaturrahim Syawal yang dihadiri oleh berbagai tokoh lintas agama. Kegiatan yang dipandu oleh Ketua DPP LDII Ir. H. Chriswanto Santoso ini berlangsung hangat. Disertai dengan berbagai sambutan singkat dari beberapa undangan yang hadir, banyak pesan dan hikmah yang dapat diambil. Berikut beberapa pandangan tokoh-tokoh lintas agama yang hadir dalam acara tersebut:

KH. Syafii Mufid, Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) mengatakan bahwa firqah atau perpecahan dalam agama itu mesti dihindari. Sebab menurutnya firqah atau perpecahan itu bisa dimaknai dengan ekslusivisme, padahal agama Islam melarang berpecah belah. Di sela-sela sambutannya beliau berterima kasih kepada LDII atas bantuannya selama ini terhadap aktivitas FKUB.

Dari beberapa sambutan para tokoh lintas agama, KH. Adnan Harahap, yang juga selaku Ketua Takmir Masjid Istiqlal mengatakan bahwa kejujuran merupakan energi dari jiwa yang tenang. Tanpanya manusia tidak akan dapat hidup tenang. Beliau menambahkan bahwa Indonesia krisis kejujuran. “Padahal kejujuran adalah ikon dari semua agama yang ada di Indonesia,” tandasnya.

Beberapa tokoh non-muslim juga hadir pada acara ini. Salah satu perwakilan umat Katolik, KAJ (Keuskupan Agung Jakarta) Rudi Pratikno, turut memberi sambutan. Ia sangat mendukung salah satu dari 6 jargon LDII yakni RUKUN KOMPAK. “Diharapkan rukun kompak tidak hanya menjadi milik LDII, namun rukun kompak diharapkan menjadi suatu kesepakatan bersama agar tercipta keharmonisan antar umat beragama,” tuturnya. Acara ditutup dengan tausiyah Prof. KH. Umar Shihab, salah satu Ketua MUI Pusat yang intinya agar sesama manusia dapat saling memaafkan. “Kebanyakan kita selalu meminta maaf, namun amat jarang yang mampu memberi maaf,” ujar mantan dosen ini.

acara-silaturokhim-ldii

Hadir dalam acara Silaturrahim Syawal tahun 2013 ini antara lain: Ketua Umum DPP LDII KH. Abdullah Syam beserta jajaran, Prof. KH. Umar Shihab (Ketua MUI Pusat), KH. Syafii Mufid (Ketua FKUB DKI Jakarta), KH. Iqbal Sulam (Ketua PB Nahdatul Ulama), KH. Arwani Faisol (Ketua Bahtsul Masail NU), KH. Mundzir Tamam (Ketua MUI DKI Jakarta), Letkol Muhammad Ali (Staf Aster KASAD), KAJ Rudi Pratikno (Perwakilan Umat Katolik), Liem Wirawidjaja (Perwakilan Umat Budha) dan beberapa orang perwakilan ormas lainnya.

Other articles you might like;

Check Also

Sakocab SPN Kota Surabaya Hadiri Peringatan HUT ke-56 Gerakan Pramuka

Satuan Komunitas Cabang Sekawan Persada Nusantara (Sakocab SPN) Kota Surabaya menghadiri peringatan HUT ke-56 Gerakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *