Home >> Berita LDII Surabaya >> Ikhtibar Santri Tahfidzul Quran PC LDII Tambaksari
Ikhtibar Santri Tahfidzul Quran PC LDII Tambaksari.
Ikhtibar Santri Tahfidzul Quran PC LDII Tambaksari.

Ikhtibar Santri Tahfidzul Quran PC LDII Tambaksari

Program Tahfidzul Quran yang baru diluncurkan 4 bulan yang lalu ini sudah menunjukkan hasil. Hal itu terbukti dari hasil Ikhtibar Juz 30 yang digelar oleh PC LDII Tambaksari, Minggu (11/06).

Ikhtibar perdana ini rencananya akan dilaksanakan secara tiap 6 bulan sekali. Ini sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah dibuat oleh Tim Tahfidzul Quran.

“Alhamdulillah, semangat para santri untuk menghafalkan Alquran sangat tinggi, banyak sekali yang Mumtaz,” kata Ali Imron, Ketua PC LDII Tambaksari.

Ikhtibar ini dilaksanakan lebih awal dari jadwal semula yakni di bulan Agustus. Dari 93 peserta, sebanyak 80 peserta dinyatakan lulus, 55 diantaranya bahkan lulus dengan kriteria mumtaz (sempurna).

Pada ikhtibar kali ini , santri diwajibkan menjawab pertanyaan yang diajukan , yakni menyambung ayat yang dibacakan oleh panitia. Di depan santri sudah siap 3 dewan penguji yang akan memberikan penilaian terhadap hafalan, makhroj, dan tajwidnya. Sedangkan pola penilaian menggunakan beberapa kriteria, diantaranya Mumtaz (sempurna), Jayyid Jiddan (sangat baik), Jayyid (baik), Maqbul (cukup), Rasib (tidak lulus).

Pelaksanaan ikhtibar berikutnya akan diadakan pada Januari 2018 dengan materi Juz 1. “Menurut rencana, Insya Allah ikhtibar berikutnya akan dilaksanakan saat anak-anak libur sekolah, yakni Januari 2018 dengan. materi Juz 1. Adapun keputusan final insya Allah menunggu hasil musyawarah Tim Tahfidzul Qur’an,” ujar Rachmat, Sekretaris Tim Tahfidzul Qur’an. (Rachmat Cahyono)

Other articles you might like;

Check Also

Makna Peringatan Hari Santri Bagi Bangsa Indonesia

Senin (22/10). Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional, ketua PCNU Kota Surabaya KH. Muhibbin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *