Home >> Dakwah Islam >> Melatih Disiplin Diri Dengan Berpuasa Ramadhan

Melatih Disiplin Diri Dengan Berpuasa Ramadhan

Selamat datang ya Ramadlan !!! kalimat itulah yang sepertinya paling patut terucapkan diawal bulan Ramadlan tahun 1432 H ini. 11 bulan telah berlalu demi menyambut bulan Ramadlan yang penuh berkah nan suci ini kita sama – sama telah melaluinya dengan penuh tantangan dan berbagai macam cobaan. Para pembaca yang budiman melalui tulisan ini kami mengajak marilah kita renungkan bersama hikmah dan apa saja yang ada didalam bulan Ramadlan yang suci ini.

 

Larangan Selama Berpuasa Ramadhan


1. Didalam bulan Ramadhan ini الله telah menurunkan kitab suci al – qur’an dari lauhil mahfudz ke langit bumi yang akan dijadikan pedoman hukum oleh umat manusia yang ada dimuka bumi ini. Sebagaimama firmanNya didalam QS : 2 / 185 :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ
الأية … سورة البقرة أية : 185

Yang artinya :
Bulan Ramadhan , Bulan yang didalamnya al – qur’an diturunkan ( pertama kali ) sebagai petunjuk bagi manusia dan sebagai penjelas mengenai petunjuk itu serta sebagai pembeda ( antara barang yang haq dan yang bathil )

2. Didalam bulan yang penuh berkah inipun الله memberikan kesempatan kepada hamba – hambaNya yang beriman untuk memperbanyak didalam mencari pahala dan melarang pada mereka untuk mengerjakan perbuatan dosa. Didalam haditsnya ( Sunan At – Tirmidzi ) Rosululloh telah bersabda :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ صُفِّدَتْ الشَّيَاطِينُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِي مُنَادٍ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنْ النَّارِ وَذَلكَ كُلُّ لَيْلَةٍ – رواه الترمذي

Artinya :
Dari Abi Hurairoh berkata, telah bersabda Rosulullohi SAW : Ketika permulaan malam dari bulan Ramadhan diikatlah beberapa syetan dan berkeliarannya jin serta ditutplah beberapa pintunya neraka maka tak akan terbuka satu pintupun. Dan pada permulaan malam itu pula dibukalah beberapa pintunya surga maka tak ada satu pintupun yang tertutup. Dan pemanggil menyerukan “ wahai para pencari kebaikan menghadaplah kalian dan wahai pencari kejelekkan berhentilah kalian. “ Bagi الله beberapa orang yang dimerdekakan dari neraka. Dan seruan itu dilakukan pada setiap malam.

Baca lanjutan artikel ini di sini.

Other articles you might like;

Check Also

Korem 084/BJ Ajak Masyarakat Napak Tilas Perjuangan TNI

Untuk memperingati HUT TNI ke-71 KOREM 084 Bhaskara Jaya bekerjasama dengan Universitas Merdeka Surabaya mengadakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *