Home >> Teknologi >> Mengenal Sejarah Terciptanya Jaringan Sosial Facebook

Mengenal Sejarah Terciptanya Jaringan Sosial Facebook

Jaman semakin berkembang dan tentunya kita tidak heran bahwa berkembangnya jaman yang ada juga diikuti oleh perkembangan teknologi yang membantu memudahkan pekerjaan manusianya. Berbicara mengenai teknologi tentunya kita tidak terlepas dari social media yang dimana kehadirannya dapat mempermudah kita untuk berkomunikasi dengan banyak orang di belahan dunia manapun. Nah sosial media ini salah satunya adalah Facebook. Nah pastinya dari Anda semua sudah mengetahui mengenai sosial media yang satu ini. namun tahukah Anda mengenai pembuatannya dari dulu hingga sampai saat ini digunakan oleh orang banyak? Nah dari pada penasaran lebih baik kita sama-sama simak ulasan di bawah ini karena ini nanti akan membahas mengenai artikel tersebut.

Teknologi besar tidak selamanya diciptakan melalui proses yang besar pula. Seperti halnya sosial media yang satu ini. Facebook sendiri merupakan ciptaan oleh Mark Zuckerberg seorang mahasiswa psikologi Universitas Harvard. Nah pada awalnya Mark hanya mencoba-coba saja. Ini terjadi pada 23 Oktober 2003 yang dimana pada saat itu Mark membuat sebuah jaringan sosial di kalangan mahasiswa dan disekitar kampus Harvard itu sendiri. Jaringan soaial ini disebut dengan Facemash.com yang dimana dalam jaringan ini digunakan untuk membandingkan 2 foto orang. Dahulunya Mark menciptakan jaringan ini guna membandingkan 2 wajah mahasiswa Harvard mana yang lebih cantik. Usut demi usut ide dari Mark ini ternyata banyak yang diprotes dari kalangan mahasiswi Harvard tersebut.

Nah tidak berhenti sampai disitu, tepatnya pada tanggal 11 Januari 2004, Mark mulai mendaftarkan domain jaringan sosial buatannya yang telah ia beri nama Thefacebook.com. Facebook ini diakui Mark terinspirasi dariĀ  insiden Facemash dan dimodelkan dari Friendster. Nah pada saat ini Mark menjelaskan bahwa jaringan sosial buatannya ini telah mampu menghubungkan orang-orang yanga da dalam Universitas Harvard tersebut. Hasil kerja Mark berbuah hasil manis, diketahui setelah 24 jam Mark telah mendaftarakan domain jaringan sosial buatannya tersebut sekitar 1.200 mahasiswa Harvard mulai mendaftarkan diri dan bergabung dengan situs buatan Mark tersebut.

Tidak hanya bertumpu di situ saja, kemudian hasil kerja keras Mark dalam mengembangkan situs jaringannya ini dihargai oleh co-founder Napster, Sean Parker. Kenapa? Karena Sean Parker ini sendiri menginvestasi sebesar 500.000 dollar. Dengan didapatkannya nilai investasi yang sangat besar tersebut, Mark mulai mengembangkan jaringan sosialnya yang dimana pada tahun 2005 ini Mark menamai jaringan sosialnya dengan nama Facebook. Kini jaringan sosial tersebut dapat kita nikmati sekarang. Kita dapat berkirim gambar, menyukai status teman-teman kita, membuat stayus dengan sesuai kondisi hati kita dan kita dapat bertukar pesan melalui jaringan sosial ini. Tentunya ini berkat kepintaran dari Mark yang mencetuskan idenya untuk membuat jaringan sosial yang satu ini. untuk sekarang, semoga kita selalu bijaksana dalam menggunakan jaringan sosial ini ya.

Other articles you might like;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *