Home >> Berita LDII Surabaya >> PAC LDII PAGESANGAN BUKA BERSAMA ANAK YATIM DAN TOKOH MASYARAKAT

PAC LDII PAGESANGAN BUKA BERSAMA ANAK YATIM DAN TOKOH MASYARAKAT

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Dalam setiap waktunya menanamkan kepedulian dan keikhlasan pada sesama. Dan alangkah indahnya jika berkah itu bisa kita bagi bersama saudara kita yang membutuhkan sekaligus menjalin silaturrohim pada masyarakat sekitar kita.

Warga LDII Berbaur dengan Warga Setempat & Anak Yatim
Warga LDII Berbaur dengan Warga Setempat & Anak Yatim

Berlandaskan hal tersebut, PAC (Pimpinan Anak Cabang) LDII Pagesangan mengadakan Buka Bersama Anak Yatim dan sekaligus menjalin silaturrohim dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat se-Kelurahan Pagesangan. Acara yang digagas oleh PAC LDII Pagesangan ini memang sederhana tapi berdampak sangat positif untuk hubungan baik antar masyarakat dan menjalin Ukhuwah Islamiah. Bertempat di kawasan Masjid Al-Hidayah tepatnya di Pagesangan IV No. 52, acara berlangsung meriah. Semua undangan juga antusias mengikuti acara ini, terbukti dari banyaknya para Undangan yang hadir.

Para undangan yang terdiri dari 57 Tokoh masyarakat mulai dari RT (Rukun Tetangga), RW (Rukun Warga) sampai Pejabat Kelurahan ikut meramaikan acara yang dihadiri 95 anak yatim se-Kelurahan Pagesangan itu. Warga LDII Masjid Al-Hidayah Pagesangan sebagai tuan rumah, waktu itu juga ikut memeriahkan dengan 105 santri caberawitnya (anak didik usia 3-8 tahun), 38 anak-anak Pra remaja(anak didik usia 12-16 tahun), dan 55 Remaja Masjid yang membuat acara semakin semarak.

Persinas ASAD LDII
Persinas ASAD LDII

Acara yang dilaksanakan Minggu 21 Agustus kemarin itu,  disemarakkan oleh atraksi PERSINAS ASAD para santri caberawit PAC LDII Pagesangan yang membuat panggung gempar di awal acara. Lalu acara dikhidmatkan oleh lantunan ayat suci Al-Quran oleh Al-Ustadz Dindin Nurdin, SE. Dan selanjutnya acara diisi dengan sambutan-sambutan mulai dari Laporan Penyelenggara Acara oleh Bp. Sungkono selaku Ketua PAC LDII Pagesangan, dilanjutkan selayang pandang tentang LDII oleh Ir. H. Ma’un, MT selaku wakil ketua DPD LDII Kota Surabaya.

 

Acara kembali diisi oleh sambutan dari Drs. H. Machfudz, M. Si, selaku Ketua Umum Yayasan Darussalam. Dan tidak ketinggalan, sedikit prakata dan simbolis pemberian tali asih oleh H. Nanang Sugianto, S.H, selaku Lurah Pagesangan.

Ceramah & Pembagian Uang Satunan Anak Yatim
Ceramah & Pembagian Uang Satunan Anak Yatim

Dan ditutup dengan ceramah singkat dan doa oleh Bp. Sukarjo selaku Takmir Masjid Al-Hidayah Pagesangan. Adapun isi ceramah beliau menyiratkan pesan bahwa LDII dan Ormas Islam lain tidak jauh berbeda. Semua menjalankan sesuai dengan perintah alloh dan tuntunan Rosululloh SAW. Dan yang paling penting kita hidup ini harus rukun, baik rukun antar umat beragama (Islam dengan agama lain) ataupun rukun antar sesama agama Islam, itulah point terpenting yang seharusnya kita pertahankan.

Pengurus LDII dengan Pejabat Setempat
Pengurus LDII dengan Pejabat Setempat


Suasana seketika mencair saat pembagian bingkisan dan uang santunan kepada anak yatim dimulai, dan lebih semarak lagi saat adzan maghrib mempersilahkan untuk berbuka. Acara dilanjutkan dengan sesi foto dan santap ta’jil bersama. Setelah itu, para undangan menjalankan sholat maghrib berjama’ah. Setelah itu, para undangan dipersilahkan berbuka bersama dengan hidangan yang sudah disediakan. Para undangan menikmati hidangan dengan diselingi slide show foto-foto kegiatan Warga LDII, mulai dari santri caberawit, Pra Remaja, Remaja Masjid Al-Hidayah Pagesangan yang memberikan wawasan baru untuk para undangan.

Ramah Tamah Warga LDII dengan Pejabat Setempat
Ramah Tamah Warga LDII dengan Pejabat Setempat

Kegiatan-kegiatan sederhana seperti inilah yang ternyata dapat memupuk rasa persaudaraan kita pada orang-orang di lingkungan setempat. Keluarga Besar PAC LDII Pagesangan juga patut berbangga karena tujuan utama acara ini, yaitu menjalin silaturrohim dan menunjukkan bahwa warga LDII bukan warga yang Eksklusif dapat terwujud sempurna tanpa kendala yang tak bisa dihadapi. Semoga kedepannya semakin banyak acara-acara serupa yang mungkin dikemas lebih kreatif lagi dan tali kerukunan antar umat beragama bisa terjalin lebih erat lagi dengan acara-acara sederhana seperti ini.

Salam Sukses.

Other articles you might like;

Check Also

Gebyar Kemerdekaan, Puncak Peringatan HUT RI ke-72 di Tanah Merah

Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, warga RW IX Tanah Merah, Kelurahan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *