Home >> Berita LDII Surabaya >> Pelaksanaan Idul Adha 1435 H warga LDII Surabaya

Pelaksanaan Idul Adha 1435 H warga LDII Surabaya

Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar..
Laa Ilaha Illallohu Allohu Akbar..
Allahu Akbar Walillahilhamd..

Pada pagi hari ini seluruh umat Islam di penjuru dunia secara serempak mengumandangkan gema takbir, tasbih dan tahmid untuk mengagungkan serta memuji asma-asma Allah. Kita tinggalkan rumah menuju tanah lapang ataupun masjid untuk melakukan Sholat Hari Raya Idul Adha 1435 H.

Di tempat ini kita bertakbir dengan ucapan yang sama dan di tempat ini pula kita ruku’ dan sujud dengan gerakan yang sama. Kita rela dan ikhlas meninggalkan pangkat dan status sosial untuk menghadap Dzat Yang Maha Suci sebagai simbol keadilan dan persamaan derajat manusia dihadapan sang pencipta.

Dalam ajaran Islam tidak dikenal kelas sosial atau diskriminasi sosial, yaitu pengelompokan manusia atas dasar warna kulit, keturunan ataupun status sosial dan sebagainya. Tetapi seluruh manusia dihadapan Tuhan adalah sama, kecuali taqwanya.

Sejenak marilah kita mengenang kembali sejarah peringatan Idul Adha yang didalamnya terekam peristiwa penting yaitu penyembelihan Ismail oleh ayahandanya Nabi Ibrahim AS. Sungguh sebuah peristiwa yang menggambarkan ujian atas ketaatan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT yang kini telah menjadi bagian dari ibadah sunnah muakkadah umat Islam yang diterjemahkan dengan qurban yaitu penyembelihan hewan ternak seperti, unta, sapi, kambing atau domba yang selanjutnya dibagikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan sebagai bentuk ibadah dan kepedulian terhadap sesama manusia.

pembagian-hewan-qurban

Dalam Ibadah Qurban terdapat nilai-nilai sosial kemanusiaan, karena Ibadah Qurban mengajarkan untuk mencintai sesama, saling menolong, dan saling memberi, sehingga muaranya akan dapat mengokohkan semangat kerukunan dan kebersamaan. Bahkan, kita diharapkan mau mengorbankan apa yang kita miliki dan apa yang kita cintai demi kepentingan umat, bangsa dan negara, karena hal ini merupakan bagian dari perwujudan keimanan dan ketaqwaan kita.

Semangat pengorbanan Ibrahim perlu kita kobarkan kembali. Sebuah semangat mengorbankan ego untuk mengedepankan loyalitas keumatan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT. Ini tercermin dalam firman-Nya Q.S Al-Hajj: 3 “Daging-daging unta dan darahnya itu tidak sampai kepada Allah, tetapi ketaqwaan dari kamu sekalianlah yang sampai kepada-Nya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu sekalian agar kamu sekalian mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu sekalian. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik”.

Kesediaan berqurban merupakan bukti keimanan, kecintaan dan kepasrahan total seorang hamba terhadap Tuhannya. Untuk itu, sudah selayakya umat islam berusaha semaksimal mungkin untuk mengalirkan darah hewan qurban di hari raya ini.

Bagi warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), ibadah qurban adalah ladang pahala yang besar. Untuk itu, warga LDII berusaha sekuat mungkin membeli hewan qurban. Buktinya, pada hari ini, usai melaksanakan sholat ied, warga Pimpinan Anak Cabang (PC) dan Pimpinan Cabang LDII Surabaya, menyembelih hewan qurban di majelis taklimnya masing-masing.

Di tahun ini jumlah total penyembelihan hewan qurban warga LDII se-Surabaya sebesar 384 ekor sapi dan 251 ekor kambing. Semoga pada tahun depan kita semua bisa menjumpai Idul Adha dan lebih meningkat ibadah qurban kita sebagai wujud ketaqwaan kepada Allah SWT.

Akhirnya, kami segenap ulama dan pengurus DPD LDII kota Surabaya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1435 H dan Semoga Alloh SWT selalu melimpahkan hidayah dan pertolongan-Nya kepada kita semua. Amiin.

Other articles you might like;

Check Also

Didik Eko Putro: Pelatihan Jurnalistik, Dakwah Bil Qolam

Berdakwah melalui tulisan, Tim Jurnalis PPG Surabaya Utara mengadakan Pelatihan Jurnalistik Pemuda Unggulan (Lajur Pemula) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *