Home >> Berita LDII Surabaya >> PPM Khoirul Huda Surabaya Jadikan Mahasiswanya Hafidz Quran
Santri Tahfidz Alquran PPM Khoirul Huda Surabaya
Santri Tahfidz Alquran PPM Khoirul Huda Surabaya

PPM Khoirul Huda Surabaya Jadikan Mahasiswanya Hafidz Quran

Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Khoirul Huda membuka program baru yaitu Tahfidz Alquran. Pembukaan Tahfidz Alquran dihadiri oleh seluruh santriwan dan santriwati di aula utama PPM Khoirul Huda, Surabaya, Senin (2/1).

Menurut Ketua Pelaksana Abdurrohman, program Tahfidz Alquran ini memiliki empat tujuan. Pertama, menumbuhkan kebiasaan menghafalkan Al-Quran. Kedua, agar para santriwan santriwati bisa menghafal Alquran beberapa juz. Ketiga, memanfaatkan waktu luang untuk menghafal Al-Quran dan yang terakhir untuk membantu mental perjuangan agama Islam.

Ia juga menjelaskan tentang tahapan pelaksanaan program Tahfidz Alquran. Tahap pertama dilakukan uji kompetensi hafalan tiap santri untuk menentukan pembagian kelas. “Kemarin itu kami menggunakan surat Al-Jatsiyah ayat pertama,” kata Abdurrohman.

Tingkatan kelas paling tinggi adalah Mufadholah dengan target hafalan setengah halaman tiap tiga hari. Kemudian kelas Mutawasitoh dengan target hafalan seperempat halaman atau 4 baris tiap tiga hari. Kemudian yang terakhir yaitu kelas Basitoh dengan target semampunya minimal satu baris tiap tiga hari.

Abdurrohman menambahkan jumlah peserta pada kelas Mufadholah dan Mutawasitoh masing-masing 14 santri. Sedangkan kelas Basitoh ada 17 orang santri. Diperkirakan jumlah anggota akan bertambah karena masih ada santri yang berhalangan mengikuti tes pembagian kelas.

Sementara itu, Ketua PPM Khoirul Huda Edi Prayitno dalam sambutannya mengatakan kegiatan menghafal Alquran merupakan kegiatan yang perlu digalakkan. “Kegiatan seperti inilah yang harus kita galakkan, terus kita hidupkan dan ke depannya akan lebih kami tingkatkan,” kata Edi.

Pria yang berasal dari Lampung ini berharap kelak akan lebih banyak lagi para santri di PPM Khoirul Huda ini yang menjadi penghafal Al-Quran.

Dalam kesempatan itu, Ketua Dewan Penasihat PPM Khoirul Huda H. Sofyan Abadi hadir sekaligus membuka Program Tahfidz Alquran. Ia mengatakan program ini akan menjadi program unggulan. “Program tahfidz ini memang program unggulan karena memang luar biasa hasilnya,” kata Sofyan Abadi. (Pathrisia)

Other articles you might like;

Check Also

Birul Walidain, Solusi bagi Kerusakan Moral Remaja

Menyikapi fenomena kerusakan moral di kalangan remaja, LDII mengadakan seminar tentang Birul Walidain, Sabtu (16/3) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *