Home >> Berita LDII Surabaya >> Takmir Masjid Adopsi Teknik RPH untuk Percepat Penyembelihan Hewan Qurban
Alat yang dibuat menyerupai chainblok Rumah Pemotongan Hewan (RPH)

Takmir Masjid Adopsi Teknik RPH untuk Percepat Penyembelihan Hewan Qurban

Penyembelihan hewan qurban yang dilakukan di area parkir Masjid Baitul Izza, Tambak Wedi, Surabaya (22/8) mengadopsi teknik Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Takmir masjid binaan PAC LDII Tambak Wedi tersebut mempersiapkan layout area mirip RPH mulai dari tempat menyembelih, menguliti, hingga pemotongan daging dan tulang. Berbagai alat pun telah disiapkan diantaranya pisau sembelih buatan Swedia, pisau untuk menguliti, dan alat-alat penunjang lainnya.

Alat lain yang digunakan adalah alat untuk mengangkat hewan pasca disembelih. Di RPH biasa disebut chainblok. Panitia qurban Masjid Baitul Izza membuat alat yang menyerupai chainblok, dengan sedikit modifikasi disesuaikan dengan lokasi tanpa mengubah fungsinya. Alat tersebut dibuat dari besi ukuran besar agar mampu menopang bobot sapi yang mencapai ratusan kilogram.

Keunggulan alat menyerupai chainblok tersebut diantaranya memudahkan panitia dalam menguliti dan memotong daging hewan qurban. Tanpa alat ini, proses pengulitan dan pemotongan daging hw=ewan qurban dilakukan di atas tanah beralas terpal. Kondisi tersebut seringkali menyulitkan panitia karena harus membolak-balik hewan, selain itu daging yang dipotong akan kotor terkena tanah.

Ketua Takmir Masjid Tambak Wedi, Ragil mengatakan bahwa alat tersebut dibuat setelah mereka mendapat sosialisasi tentang cara menyembelih hewan dengan halal dan sesuai syariat yang diadakan di salah satu kampus negeri di Surabaya dan dilanjutkan di RPH Pegirian. “Kami berusaha mempraktekkan ilmu yang kami dapat agar penyembelihan hewan qurban berjalan sesuai syariat, halal dan juga cepat,” imbuhnya.

Penggunaan alat tersebut terbukti sangat efektif. “Alhamdulillah, semua proses penyembelihan hewan qurban lebih cepat daripada tahun kemarin,” kata Candra, Ketua PAC LDII Tambak Wedi. Buktinya, sebanyak 10 sapi dan 2 ekor kambing selesai disembelih dan dibersihkan setelah sholat dhuhur.

Di akhir kegiatan penyembelihan, PAC LDII Tambak Wedi juga melakukan pembagian paket daging qurban kepada tokoh masyarakat dan masyarakat di sekitar masjid Baitul Izza. (Cahyo)

Other articles you might like;

Check Also

LDII Hadiri Pisah Sambut Kepala Kankemenag Surabaya

Senin (10/9). Ketua DPD LDII Kota Surabaya H. Akhmad Setiadi menghadiri pisah sambut┬áKepala Kantor Kementerian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *